Kali ini akan dibahas mengenai teks bacaan doa ketika turun hujan dan setelah final hujan lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Doa ini dibaca khusus ketika sedang turun hujan, dengan berdoa kepada ALLAH SWT maka hujan yang turun akan penuh dengan rahmat dan kebaikan serta membawa manfaat.

Kali

Makara ketika air hujan tercurah dan jatuh membasahi bumi kita dianjurkan untuk berdoa. Rasulullah SAW berpesan untuk memanfaatkan hujan sebagai momen berdoa alasannya ialah dalam rentang waktu itu termasuk saat-saat mustajab. Nabi SAW bersabda sebagai berikut :

اطْلُبُوا اسْتِجابَةَ الدّعاءِ عِنْدَ التِقاءِ الجُيُوشِ وَإقَامَةِ الصَّلاةِ وَنُزُولِ الغَيْثِ

Artinya : “Burulah manjurnya doa ketika perang berkecamuk, iqamah shalat, dan turunnya hujan.”

Melihat dalil diatas, maka tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak berdoa memohon kepada ALLAH SWT ketika turun hujan dan sesudah hujan reda. Selain berdoa, kita juga harus bersyukur alasannya ialah turunnya hujan ialah rahmat dari ALLAH SWT.

Adapun lafadz doa turun hujan dan ketika hujan reda sangat pendek dan mudah dihafal. Langsung saja berikut ini teks bacaan doa ketika turun hujan dan setelah final hujan lengkap dalam lafadz arab, goresan pena latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Ketika Turun Hujan


 اَللّٰهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Alloohumma shoyyiban naafi 'an

Artinya : Ya Allah, biar hujan yang Engkau turunkan ini lebat dan membawa manfa’at.

Doa diatas dibaca ketika hujan turun, besar cita-cita dengan membaca doa diatas, maka hujan yang turun membawa rahmat dan bermanfaat bagi semua makhluk. sedangkan ketika hujan sudah final atau mulai reda, maka ada doanya juga. Berikut ini bacaan doa setelah final hujan (reda) :

Doa Setelah Selesai Hujan (Reda)


 مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirnaa bifadllillaahi wa rohmatihi

Artinya : Kita diberi hujan alasannya ialah keutamaan dan rahmatNya.

Demikianlah teks bacaa doa ketika turun hujan dan setelah hujan final (reda) lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan lafadz doa hujan diatas mampu istiqomah dibaca dan amalkan ketika sedang turun hujan. Wallahu a'lam.
 
Top