Pembahasan kali ini yaitu wacana bacaan doa masuk kuburan (makam) lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Kaprikornus ketika kita melewati dan memasuki sebuah area pemakaman, hendaknya kita menunjukkan salam dan mengucap doa kepada para andal kubur yang telah meninggal mendahului kita.

Saat berziarah sendiri, ada tata cara, susila dan sunnah sunnah yang hendaknya dikerjakan, salah satunya yaitu mengucap salam dan berdoa untuk penghuni/penduduk kubur. Kaprikornus ketika kita mendatangi kuburan untuk berziarah ke keluarga kita, jangan lupa untuk selalu membaca doa ketika memasuki area kuburan.

Pembahasan

Doa ini selain untuk mendoakan umat islam yang telah meninggal, sekaligus juga mengingatkan kita akan datangnya janjkematian yang pasti terjadi. Dan bagaimana bacaan doa ketika melewati makam dan masuk makam? Berikut ini lafadz doa masuk kuburan sesuai sunnah lengkap lafadz arab, goresan pena latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Masuk Kuburan


السَّلامُ على أهْلِ الدّيارِ مِنَ المُؤْمنينَ وَالمُسْلمينَ وَيَرْحَمُ اللَّهُ المُسْتَقْدِمِينَ مِنْكُمْ وَمِنَّا وَالمُسْتأخِرِين وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّه بِكُمْ لاحِقُونَ

Assalâmu ‘alâ ahlid diyâr minal mu’minîna wal muslimîn yarhamukumuLlâhul-mustaqdimîn minkum wa minnâ wal musta’khirîn, wa wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn

Artinya : (Assalamu’alaikum, hai para mukmin dan muslim yang bersemayam dalam kubur. Semoga Tuhan melimpahkan rahmat kepada mereka yang telah mendahului dan yang akan menyusul kalian dan (yang telah mendahului dan akan menyusul) kami.  Sesungguhnya kami insyaallah akan menyusul kalian." 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يَآاَهْلَ الْقُبُوْرِ يَغْفِرُاللهُ لَنَا وَلَكُمْ اَنْتُمْ سَلَفُنَا وَنَحْنُ بِا ْلاَثَرِ

Assalamu ‘alaikum ya ahlal qubur,yaghfirullahu lanaa wa lakum,antum lanaa salafuna wa nahnu bil atsar.

Artinya : Salam bagimu wahai andal kubur, agar Tuhan mengampuni kami dan kamu, sedangkan kau telah mendahului kami dan kami akan mengikuti.

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Assalâmu‘alaikum dâra qaumin mu’minîn wa atâkum mâ tû‘adûn ghadan mu’ajjalûn, wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn

Artinya : (Assalamu’alaikum, hai daerah bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian kesepakatan Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian).

Demikianlah teks bacaan doa masuk kuburan (makam) lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga lafadz doa masuk makam diatas mampu diamalkan ketika kita akan masuk wilayah makam ketika berziarah. Wallahu a'lam.
 
Top