Kali ini akan dibahas perihal balasan adzan dan iqomah serta bagaimana cara menjawab adzan dan iqomah yang benar sesuai sunnah. Seperti yang kita ketahui bahwa ketika kita mendengar bunyi adzan dikumandangkan, maka sunnah hukumnya bagi kita untuk menjawabnya.

Cara menjawab adzan sendiri diucapkan setelah kita mendengar kalimat dan lafadz adzan yang diucapkan oleh muadzin. Sedangkan secara umum, balasan adzan dan iqamat hampir semuanya sama persis dengan yang diucapkan muadzin, hanya ada beberapa kalimat saja yang jawabannya berbeda dengan yang diucapkan muadzin. Kalimat tersebut ialah Hayya alash shalah", "Hayya alal falah" dan "Ashsalatu khairum minan naum" pada adzan subuh.

Kali

Dan untuk lebih jelasnya simak berikut ini cara menjawab adzan dan iqomah yang benar dalam lafadz bahasa arab, goresan pena latin dan terjemahan Indonesianya semoga mampu dimengerti isi kandungan didalamnya.

Jawaban Adzan


Jawaban adzan pada hakikatnya sama persis dengan yang dikumandangkan oleh muadzin, hanya saja pada ketika muadzin mengumandangkan kalimat "Hayya alash shalah" dan "Hayya alal falah" maka dijawab menyerupai berikut ini :

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُـوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

La haula wa la quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhim

Artinya : Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan sumbangan Allah.

Jawaban adzan sholat subuh


Dalam adzan subuh jawabannya sama juga sepeti adzan lainnya. Hanya saja pada ketika kita mendengar kalimat  "Ashsalatu khairum minan naum", maka dijawab sebagai berikut ini :

صدقت وبررت وانا على ذلك من الشّاهدين

Shadaqta wa bararta wa ana 'ala dzalika minasy syahidin

Artinya : Benarlah engkau dan baguslah ucapanmu dan saya termasuk orang-orang yang menyaksikan kebenaran itu.

Cara Menjawab Iqomah dan Doanya


Saat iqamah/komat dikumandangkan oleh muadzin, maka balasan iqamahnya ialah sama persis dengan yang dikumandangkan oleh muadzin kecuali pada kalimat "Qad Qaamatish Shalaah" maka jawabannya ialah menyerupai berikut ini :

أقامها الله وادامها وجعلني من صالحى أهلها

“Aqaamahallahu wa adaamahaa waja’alani min shaalihi ahliha”

Artinya : Semoga Tuhan mendirikan shalat itu dengan kekalnya, dan semoga Tuhan menyebabkan saya ini, dari golongan orang-orang yang sebaik-baiknya mahir shalat”

Dan setelah mendengar iqomah dikumandangkan, kita menjawabnya dengan membaca doa setelah iqamah. Lafadz doanya sebagai berikut :

الّلهمّ ربّ هذه الدّعوة التّامّة والصّلاة القائمة صلّ وسلّم على سيّدنا محمّد واته سؤله يوم القيامة

“Allaahumma rabba hadzihid da’watit taammati wash-shalaatil qaa-imati, shalli wasallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin, wa aatihi su’lahu yaumal qiyaamati”

Artinya : Ya allah Tuhan yang memiliki panggilan yang sempurna, dan memiliki shalat yang ditegakkan, curahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad, dan berilah/kabulkan segala permohonannya pada hari kiamat.

Itulah artikel perihal cara menjawab adzan dan iqamah yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan mampu istiqomah diamalkan ketika kita mendengar adzan dan iqomat dikumandangkan. Wallahu a'lam.
 
Top