Kali ini akan dibahas perihal bacaan doa menempati rumah baru. Doa ini mampu diamalkan dikala anda memasuki rumah baru. Kami sediakan dalam lafadz bahasa arab, latin dan terjemahan Indonesianya semoga mampu dipahami makna yang terkandung didalamnya.

Sebagai seorang muslim, maka ketika kita akan pindah rumah menuju hunian baru.  Jangan lupakan untuk berdoa memohon kepada ALLAH SWT semoga diberi keberkahan, keselamatan dan ketenangan dikala menempati rumah gres tersebut. Meski tidak ada doa yang dikhususkan dibaca dikala masuk rumah baru, namun ada beberapa doa yang mampu dibaca dan diamalkan.

Yang pertama yang harus kita lakukan sebelum berdoa tentu saja bersyukur kepada ALLAH SWT atas segala nikmat yang ia berikan kepada kita berupa rumah baru. Dengan rumah gres tersebut mampu menjadi sarana kita untuk beribadah dan berdzikir dengan lebh hening lagi. Niatkan yang baik semoga rumah tersebut manfaat untuk hal hal yang baik juga. Selanjutnya yaitu dengan membaca doa.

Kali

Sebenarnya anda mampu berdoa dengan doa apapun sesuai kehendak anda asalkan doa tersebut baik.  Bisa dengan membaca ayat ayat Al Alquran menyerupai surat Al-Ikhlas 3 kali sebelum memasuki rumah. Namun dibawah ini kami berikan beberapa pola doanya yang mampu anda baca. Langsung saja simak berikut ini teks bacaan doa menempati rumah gres lengkap bahasa arab, latin dan artinya.

Doa Masuk dan Menempati Rumah Baru


Doa ke 1

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

"A'udzu Bikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq.."

Artinya : "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Yang Mahakuasa yang tepat dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya."

Insyaallah dengan membaca doa diatas maka kita akan terlindung dari banyak sekali hal yang tidak diinginkan. Seperti yang diriwayatkan Imam Muslim, dari Khaulah binti Hakim Radhiyallahu 'Anhuma , ia berkata: AKu mendengar Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ نَزَلَ مَنْزِلًا ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ

"Siapa yang singgah di suatu tempat, lalu ia membaca: A'udzuBikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Yang Mahakuasa yang tepat dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya ) maka tak ada sesuatupun yang membahayakannya sehingga ia beranjak dari tempatnya tersebut."(HR. Muslim )

Doa ke 2

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

"Ya Allah, bergotong-royong saya memohon kepadaMu kebaikan rumah yang saya masuki dan kebaikan rumah yang saya tinggalkan, dengan menyebut Nama Yang Mahakuasa saya masuk dan dengan menyebut nama Yang Mahakuasa saya keluar dan kepada Allah, Rabb kami, kami bertawakkal." (HR. Abu Dawud - al-Thabrani)

Doa ke 3

Selanjutnya mampu dengan membaca basmalah (Bismillah) dikala memasukinya, Kita tahu bahwa melaksanakan apapun dalam islam dianjurkan untuk dimulai dengan membaca bismillahirrahmanirrahim, dengan begitu maka semua yang akan kita kerjakan dan lakukan menjadi keberkahan. Hal ini juga berlaku dikala akan masuk rumah baru, jangan lupakan membaca doa minimal dengan mengucap bismillah. Dalam sebuah hadits dikatakan sebagai berikut :

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَإِذَا لَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

"Dari Jabir bin Abdullah bahwa ia mendengar Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,“Apabila seseorang hendak masuk rumahnya kemudian ia berzikir kepada Yang Mahakuasa ketika masuk dan ketika akan menyantap makanan maka syaitan akan mengatakan -kepada pengikutnya-, ‘Kalian tidak mampu tidur di sini dan tidak pula menerima bab makanan’. Kemudian apabila ia memasuki rumahnya namun tidak berzikir kepada Yang Mahakuasa ketika masuknya maka syaitan akan berkata, ‘Kalian mampu menginap malam ini’. Dan apabila ia tidak berzikir kepada Yang Mahakuasa ketika menyantap makanan maka syaitan akan mengatakan, ‘Kalian mampu menginap dan makan di sini.. ”(HR. Muslim)

Doa dan amalan lainnya : 

Dianjurkan untuk banyak membaca Al-Quran terutama surat Al Baqarah semoga rumah kita terlindung dari gangguan jin dan seyitan. Dikatakan dalam sebuah hadist :

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

"Jangan jadikan rumah kalian menyerupai kuburan, bergotong-royong syetan lari dari rumah yang dibacakan surat al-Baqarah di dalamnya.." (HR Muslim)

Lalu biasakan dengan rutin membaca ratib al haddad setiap habis maghrib atau isyak. Didalamnya terdapat banyak sekali macam dzikir dan wirid yang penuh dengan manfaat semoga rumah kita terlindung dari banyak sekali gangguan jin dan manusia.

Itulah sedikit amalan dan doa menempati rumah gres dalam bahasa arab, latin dan artinya. Semua bacaan doa diatas mampu dibaca dikala pindah rumah dan akan memasuki kediaman gres anda. Dengan begitu ALLAH SWT akan memberkahi rumah kita. Wallahu a'lam.
 
Top