Kali ini akan dibahas teks bacaan doa setelah tahiyat tamat sebelum salam lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Meski hukumnya tidak wajib dan mampu dikatakan sunnah saja, mungkin anda mampu mengamalkannya dengan membaca doa sebelum salam dalam sholat.

Kali
 
Yang dianjurkan yakni berdoa setelah tasyahud tamat saja, tepatnya yaitu sebelum melaksanakan gerakan salam. Ada beberapa doa sesudah tahiyat tamat yang mampu kita baca dan amalkan. Beberapa doanya yakni meminta dukungan semoga terhindar dari fitnah dajjal. Besar keinginan doa kita akan diijabah dan dikabulkan oleh ALLAH SWT.

Lalu bagaimana bacaan doa selepas tasyahud tamat ketika mengerjakan shalat wajib 5 waktu? Berikut ini kumpulan lafadz doa setelah tahiyat tamat sebelum salam dalam sholat lengkap dalam goresan pena arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya semoga mampu dipahami makna dan isi kandungan didalamnya.

Doa Setelah Tasyahud Akhir Sebelum Salam


 اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya :“Ya Allah, Sesungguhnya saya berlindung kepadaMu dari siksaan kubur, siksa neraka Jahanam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Almasih Dajjal.”

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ ظُلْمًا كَثِيْرًا، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِيْ مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِيْ، إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Allaahumma innii zholamtu nafsii zhulman katsiiron, wa laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta, faghfir lii maghfirotan min ‘indika, warhamnii, innaka antal ghofuurur-rohiim.

Artinya: Ya Allah, sungguh saya telah menzalimi diriku dengan kezaliman yang banyak, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka ampunilah saya dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

اَللَّهُمَّ أَعِنِّيْ عَلَى ذِكْرِكَ، وَشُكْرِكَ، وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Allaahumma a’innii ‘alaa dzikrika, wa syukrika, wa husni ‘ibaadatik.

Artinya:Ya Allah, tolonglah saya untuk berzikir kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, serta beribadah dengan baik kepada-Mu.

  يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Yaa muqollibal quluubits tsabbit qolbi ‘ala diinika

Artinya : Wahai Zat yang membolak-balikkan hati teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu

للَّهُمَّ اغْفِرْ ﻟِﻲ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَﺳْﺮَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَﺳْﺮَفْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي. أَنْتَ الْـمُقَدِّمُ وَ أَنْتَ الْـمُؤَخِّرُ لَآ إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Allaahummaghfirly maa qaddamtu wa maa akh-khartu wa maa as-rartu wa maa a’lantu wa maa asraftu wa maa anta a’lamu bihi minniy. Anta al-muqaddim wa anta al-muakhkhir, laa ilaaha illaa anta

Artinya :Yaa Allâh, ampunilah dosaku yang telah saya lakukan dan (dosa akhir dari kewajiban) yang telah saya tinggalkan, (dosa) yang saya rahasiakan dan yang saya lakukan dengan terang-terangan, serta (segala hal) yang saya telah melaksanakan dengan berlebihan dan segala dosa yang Engkau lebih mengetahuinya daripadaku. Engkau yakni al Muqaddim (Dzat Yang memajukan orang yang Engkau kehendaki dengan karena mentaati-Mu atau karena lainnya) dan Engkau yakni al Muakhkhir (Yang memundurkan orang yang Engkau kehendaki). Tidak ada yang berhak diibadahi kecuali Engkau'”. 

Demikianlah teks bacaan doa setelah tahiyat tamat sebelum salam lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga lafadz doa diatas bermanfaat dan mugnkin mampu diamalkan setiap selesai tasyahud tamat ketika shalat. Wallahu a'lam.
 
Top