Kali ini akan dibahas bacaan i'tidal dalam sholat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. I'tidal yaitu gerakan berdiri tegak yang dilakukan ketika berdiri dari rukuk. Yang wajib ketika melaksanakan i'tidal yaitu tuma'ninah saja. Tuma'ninah yaitu membisu sejenak, lamanya membisu sejenak disini mampu diukur minmal dengan bacaan subhanallah.

tidal

Selebihnya dalam itidal hukumnya sunnah termasuk membaca doa sekalipun. Namun alangkah baiknya jikalau semua sunnah dalam shalat dilengkapi sehingga semakin tepat sholat kita. Doa i'tidal pun ada beberapa macam versi yang mampu dibaca. Bacaan i'tidal untuk sholat fardhu dan sholat sunnah sama saja dan tidak ada bedanya. Untuk imam dan makmum pun juga sama bacaannya.

Dan kali ini akan di share salah satu bacaan i'tidal yang umum digunakan. Langsung saja berikut ini teks bacaan i'tidal dalam sholat yang benar sesuai sunnah lengkap dalam lafadz arab, goresan pena latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Bacaan Doa I'tidal Dalam Sholat


Ketika berdiri dari rukuk (i'tidal) sembari mengangkat kedua tangan sejajar dengan indera pendengaran sebagaimana waktu takbiratul ihrom seraya membaca/mengucapkan :

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Samiallahuliman hamidah

Artinya : Tuhan mendengar orang yang memuji-Nya

Setelah berdiri dari rukuk dan pada posisi berdiri tegak (i'tidal), kemudian membaca doa i'tidal berikut ini :

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ اْلاَرْضِ وَمِلْءُمَاشِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ

Rabbanaa lakal hamdu mil'us samaawaati wa mil ul ardhi wa mil 'umaasyi'ta min syai'in ba'du.

Artinya :Wahai Tuhan Kami ! Hanya Untuk-Mu lah Segala Puji, Sepenuh Langit Dan Bumi Dan Sepenuh Barang Yang Kau Kehendaki Sesudahnya.

Demikianlah teks bacaan i'tidal sesuai sunnah dalam sholat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga doa i'tidal diatas bermanfaat dan mampu diterapkan ketika mengerjakan ibadah shalat wajib 5 waktu. Wallahu a'lam.
 
Top