Kali ini akan dibahas wacana bacaan niat puasa syawal 6 hari yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz niat ini hendaknya dibaca ketika kita melakukan puasa sunnah di bulan syawal selama enam hari.

Puasa syawal sendiri hukumnya sunnah dan sangat dianjurkan untuk dikerjakan. 6 hari dalam puasa syawal itu mampu secara berurutan dan juga boleh dipisah – pisah. Jika ingin mengerjakan puasa sunah syawal enam hari secara berurutan maka dikerjakan pada tanggal 2, 3, 4, 5, 6, 7 Syawal. Jika terpisah maka waktunya bebas asalkan tetap di bulan syawal.

Kali

Manfaat dan keutamaan puasa syawal sangat besar sekali salah satunya yaitu mereka yang berpuasa di bulan syawal sama dengan berpuasa setahun penuh. Maka sangat disayangkan kalau kita meninggalkan puasa sunnah syawal ini. Dalam sebuah hadits dikatakan sebagai berikut :

 مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Artinya : Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa 6 (enam) hari bulan Syawal, maka (pahalanya) ibarat puasa satu tahun penuh. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dan eksklusif saja untuk lebih jelasnya berikut ini teks bacaan niat puasa sunnah syawal 6 hari yang benar lengkap dalam lafadz arab, goresan pena latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Niat Puasa Syawal


 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ سِتَةٍ مِنْ شَوَالٍ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghodin 'ansittatin syawaali sunnatan lillahi ta'alaa

Artinya : Saya niat berpuasa sunnah enam hari bulan Syawal alasannya yaitu Tuhan Ta'ala.

Sebenarnya secara umum tata cara puasa syawal hampir sama dengan puasa sunnah lainnya. Hanya doa niatnya saja yang berbeda. Makara sangat penting bagi kita untuk mengetahui lafadz niat puasa syawal bagi yang akan menjalankannya.

Sedangkan mengenai khasiat dan fadhilah puasa syawal ibarat yang tersebut diatas sangatlah besar dan menimbulkan kita menerima pahala berlipat ganda. Jika kita menjalankan ibadah puasa wajib di bulan ramadhan dan ditambah dengan puasa syawal maka pahalanya yaitu ibarat puasa satu tahun penuh. Makara setelah kita menjalankan kewajiban berpuasa di bulan ramadhan, lengkapi juga dengan puasa syawal yang dikerjakan sehari setelah hari raya idul fitri dan mampu dimulai ketika masuk tanggal 2 syawal. Untuk penjelasannya mampu simak riwayat hadits berikut ini.

Imam Ahmad dan An-Nasa'i, meriwayatkan dari Tsauban bahwa Nabi SAW bersabda :

Puasa Ramadhan (ganjarannya) sebanding dengan (puasa) sepuluh bulan, sedangkan puasa enam hari (di bulan Syawal, pahalanya) sebanding dengan (puasa) dua bulan, maka itulah bagaikan berpuasa selama setahun penuh."( Hadits riwayat Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).

Demikianlah bacaan niat puasa syawal 6 hari yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan mampu istiqomah menjalankan puasa sunnah syawal. Wallahu a'lam.
 
Top