Kali ini akan dibahas perihal bacaan niat mandi hari jumat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz niat ini dibaca dikala kita mandi sunnah pada hari jumat. Waktu pelaksanaannya yaitu mulai terbitnya fajar sodik (waktu sholat subuh) sampai akan keluar waktunya dengan salamnya imam dari sholat Jum’at, dan yang afdlol yaitu melaksanakan mandi menjelang waktu keberangkatannya menuju kemasjid untuk melaksanakan shalat Jum'at.

Hukum mandi pada hari jumat yaitu sunnah muakkad sehingga sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Banyak sekali dalil yang menandakan usulan mandi sunnah di hari jumat ini. Berikut salah satu hadits yang menandakan perihal mandi sebelum sholat jumat :

إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ

Artinya : Jika salah seorang di antara kalian mendatangi shalat jumat maka hendaknya ia mandi.” (HR. Al-Bukhari no. 877 dan Muslim no. 844) .

Dan dibandingkan mandi mandi lainnya, maka niatnya jelaslah berbeda. Untuk hari jumat kita niatkan mandi pada hari jum'at. Dan selengkapnya simak berikut ini bacaan doa niat mandi dikala akan melaksanakan sholat jumat lengkap dalam lafadz arab, goresan pena latin dan terjemahan bahasa Indonesianya biar kita paham makna dan kandungan niat yang kita baca.

Kali

Niat Mandi Sunnah Pada Hari Jumat


 نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِلصَّلاَةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lishsholaati miy yaumil jumu'atisunnatal lillahi ta'aalaa

Artinya : Saya niat mandi untuk shalat pada hari jum'at (mandi jum'at) sunnah alasannya yaitu Tuhan Ta'ala.

Itulah lafadz niat mandi hari jumat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan mampu diamalkan yaitu dengan melaksanakan mandi sunnah pada hari jumat biar kita menerima komplemen pahala dari ALLAH SWT. Dan jangan lupa niat mandi jum'at diatas dikala akan mandi sunnah. Wallahu a'lam.
 
Top