Kali ini akan dibahas mengenai bacaan niat sholat jumat yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz niat sholat jumat ini dibaca sempurna ketika kita akan mengerjakan shalat jum'at. Niat ketika kita menjadi makmum dan imam juga berbeda. Semuanya akan kita share di kesmpatan kali ini.

Shalat jum'at sendiri ialah shalat yang dilaksanakan pada hari jum'at sebagai pengganti shalat dzuhur secara berjamaan dengan minimal 40 jama'ah. Adapun hukum melaksanakan shalat jum'at merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki yang sudah baligh dan berakal. Sedangkan untuk muslim wanita tidaklah wajib.

Banyak sekali kesunnahan ketika melaksanakan sholat jumat beberapa diantaranya ialah memakai wewangian, mandi terebi dahulu, memakai pakaian berwarna serba putih, datang lebih awal dan banyak lagi sunnah sunnah lainnya.

Kali

Dan eksklusif saja untuk lebih jelasnya berikut ini bacaan niat sholat jum'at sebagai makmum dan imam lengkap teks arab, goresan pena latin dan terjemahan bahasa Indonesianya semoga mampu dimengerti isi kandungan didalamnya. Lafadz niat sholat jum'at dibawah ini ialah versi lengkap dan panjangnya, boleh juga menggunakan niat dengan bacaan lafadz yang terpotong dan agak pendek.

Niat Sholat Jumat Sebagai Makmum


    اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta’aala.

Artinya : Saya niat melaksanakan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, ketika ini, menjadi mamum, alasannya ialah Yang Mahakuasa ta’ala.

Niat Sholat Jumat Sebagai Imam


    اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta’aala.

Artinya : Saya niat melaksanakan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, ketika ini, menjadi imam, alasannya ialah Yang Mahakuasa ta’ala.

Itulah bacaan niat sholat jumat yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan mampu dihafalkan sehingga shalat jumat kita menjadi benar dan diterima oleh ALLAH SWT. Wallahu a'lam.
 
Top